Tips Merawat Dapur Stainless Steel

Stainless steel adalah salah satu bahan terbaik bagi perabot memasak anda. Selain tahan karat, stainless juga mudah dibersihkan. Alasan inilah yang membuat dapur stainless steel lebih disukai baik oleh para koki maupun ibu rumah tangga. Stainless steel merupakan nama lain dari baja anti karat. Bahan ini mengandung unsur kromium yang membentuk lapisan film oksida. Lapisan inilah yang mencegah proses oksidasi sebagai penyebab munculnya karat. Namun lapisan ini juga bisa rusak jika tergores atau terkena cairan yang terlalu asam.

Anda tentu tak ingin melihat karat atau noda menempel pada perabot di dapur berbahan stainless steel. Beberapa langkah berikut bisa menjaga perabot dapur anda aman dari karat dan meembuatnya tetap berkilau.

• Usahakan selalu mencuci perabot setelah digunakan untuk menghindari noda permanen. Kemudian keringkan menggunakan lap atau tisu dapur.
• Simpan di tempat kering dan tidak terkena cahaya matahari. Kelembapan dan cahay matahari dapat menimbulkan karat pada peralatan anda.
• Apabila terlanjur berkarat, rendam pada larutan cuka dan soda kue/baking soda selama semalam. Esoknya, gosok bagian berkarat itu kemudian cuci dengan sabun pencuci piring dan segera keringkan.

Untuk perawatan supaya dapur stainless steel tetap berkilau, anda bisa gunakan cairan pembersih kaca, minyak bayi dan minyak zaitun. Usahakan setiap noda yang menempel segera dibersihkan agar tidak menimbulkan bekas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *