Cek Masa Subur dari Haid Pertama

Menstruasi dan masa subur adalah elemen yang tidak bisa dipisahkan dari proses kehamilan. Ya, karena keduanya memegang peranan yang cukup penting mengingat kondisi sel telur yang siap dibuahi sebelum akhirnya keluar dalam bentuk darah melalui vagina atau biasa disebut dengan haid. Di masa inilah yang namanya masa subur terjadi yaitu satu momen dimana kondisi sel telur yang sudah matang sehingga sangat disarankan untuk melakukan hubungan intim dengan pasangan.

Hanya saja, tidak semua wanita mengetahui kapan masa subur sehingga kerap terjadi hal yang justru mengecewakan seperti hamil yang tidak kunjung hadir. Kalau dulu, menghitung masa subur dilakukan dengan pelabelan di kalender maka sekarang cara ini sudah mulai ditinggalkan. Pasalnya, keakuratan hasilnya masih diragukan karena bisa saja dalam memasukkan data ada yang terlupa dan sebagainya.

Image result for Cek Masa Subur dari Haid Pertama

Lantas, bagaimana melakukan cek masa subur yang hasilnya cukup akurat? Menggunakan alat tes kesuburan yang cukup banyak ditawarkan di beberapa apotek maupun toko online. Adapun alat ini mampu mendeteksi seorang wanita sedang dalam masa subur sejak haid pertama berlangsung.

Ya, penghitungan masa subur dilakukan sejak terjadinya haid pertama dimana waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama atau berkisar 12 hari saja. Selebihnya, dalam hitungan beberapa hari maka sel telur akan melemah dan dikeluarkan melalui darah. Itu sebabnya, pencatatan data mengenai kapan terjadinya haid pertama memegang peranan penting guna mengetahui masa subur.

Cek masa subur juga bisa dilakukan dengan cara memperhatikan kondisi tubuh dimana suhu tubuh pada pagi hari biasanya lebih hangat. Kenaikan suhu yang terjadi bukan karena sakit akan tetapi hormon LH meningkat tajam. Itu sebabnya, bagi mereka yang menggunakan alat tes kesuburan sebagai bahan untuk mendeteksi kesuburan adalah menggunakan air liur.

Atau, bisa juga dengan melihat tekstur dari lendir dimana bentuknya semakin nyata, tebal dan berwarna putih telur. Nah, kalau sudah begini maka sudah dapat dipastikan Anda sedang dalam masa subur. Oh ya, mengetahui masa subur juga bermanfaat bagi mereka yang enggan menggunakan KB untuk menunda kehamilan. Berbeda dengan mereka yang ingin hamil, maka di masa subur ini sebaiknya pasangan dilarang untuk melakukan hubungan intim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *