Berbagai Cara Tes Masa Subur yang Bisa Anda Coba

Image result for Berbagai Cara Tes Masa Subur yang Bisa Anda Coba

Dengan mengetahui masa subur pada wanita, sejatinya bisa mempertinggi presenstase kehamilan untuk para pasutri yang sedang merencanakan program kehamilan. Dengan demikian, jika sang istri tidak sedang dalam masa subur, maka kemungkinan besar untuk mendapatkan kehamilan ini akan sangat minim sekali bisa terjadi. Maka dari itu untuk mengetahui masa kesuburan pada wanita ini, kini bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah yakni dengan menggunakan berbagai alat tes masa subur seperti berikut : 

  • Dengan cara menggunakan ovutest pack.

Cara mendeteksi masa kesuburan bisa dilakukan dengan menggunakan ovulation test pack. Terlebih cara menggunakan ovutest ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan karena tinggal meneteskan sampel urin anda. Namun yang perlu diingat sebelum menggunakan ovulation test pack ini sendiri, sebaiknya anda memperhatikan masa kadalurasa dari ovulation test pack itu sendiri. Mengapa demikian? Karena bila masa kadaluarsanya habis, tentu hasil yang didapatkan akan jauh dari kata maksimal.

Image result for Berbagai Cara Tes Masa Subur yang Bisa Anda Coba
  • Dengan menggunakan pengukuran suhu basal tubuh

Cara selanjutnya untuk bisa menentukan masa ovulasi adalah dengan melakukan pengukuran suhu basal tubuh ( Basal Body Temperature / BBT). Yang dimana suhu basal tubuh ini sendiri merupakan suatu kondisi suhu tubuh anda sedang dalam masa istirahat. Untuk cara pengukuran suhu basal ini sendiri bisa dilakukan dengan cukup mudah, karena anda hanya tinggal menyiapkan thermometer yang telah dilengkapi dengan pengukur khusus suhu basal tubuh. Kemudian gunakan thermometer pengukur BBT tersebut saat bangun tidur, atau sebelum beranjak sama sekali dari tempat tidur di pagi hari. 

  • Dengan melihat lendir serviks

Perubahan pada lendir serviks juga bisa dijadikan sebagai acuan dalam melihat masa subur pada wanita. Yang dimana kondisi lendir serviks ini akan berubah ketika sel telur mulai dilepaskan, nah perubahan pada lendir serviks ini sendiri akan dipengaruhi oleh hormon yang mengatur ovulasi. Dan pada umumnya, saat sel telur sudah bersiap untuk dibuahi, lendir serviks ini akan memiliki tekstur yang lebih elastis, transparan, atau sedikit keputihan, dan licin seperti halnya putih telur.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *