Bahaya Paracetamol pada Ibu Hamil

Masa kehamilan merupakan momen yang sangat penting bagi ibu dan calon bayi. Selama proses kehamilan, tidak jarang penyakit demam datang menyerang. Obat yang dipercaya dapat menurunkan demam yaitu paracetamol.

Saat kondisi sedang tidak mengandung, sah saja apabila ibu mengkonsumsi paracetamol saat demam datang. Namun lain halnya jika ibu sedang mengandung sang buah hati. Ternyata tidak sembarang paracetamol bisa dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung karena dapat membahayakan kondisi janin. 

Hasil gambar untuk Bahaya Paracetamol pada Ibu Hamil

Bahkan bahayanya, bisa sampai menggugurkan kandungan lo. Inilah penjelasan lebih lanjutnya mengenai bahaya obat bagi ibu hamil,

1. Paracetamol sebagai Obat Penurun Demam

Siapa yang tidak mengenal paracetamol. Obat yang satu ini sangat akrab di kalangan masyarakat. Paracetamol kerap digunakan untuk penurun demam dan penghilang rasa sakit. Khasiat obat ini memang sudah terbukti dapat menurunkan demam. Dalam mengonsumsi paracetamol, perlu diperhatikan dosis penggunaannya, karena jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang sangat berbahaya.

2. Bahaya Paracetamol pada Ibu Hamil

Mengonsumsi paracetamol pada saat hamil sebenarnya tidak berbahaya. Namun perlu diperhatikan dosis dan jenis obat tersebut, apakah paracetamol tersebut dicampur dengan obat pereda flu atau batuk. Jika dikonsumsi saat kondisi hamil dan bercampur dengan obat lainnya, paracetamol bisa jadi membahayakan si ibu dan kondisi janin. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi paracetamol dapat meningkatkan resiko asma dan ADHD pada anak, namun penelitian ini belum kuat dan masih harus dikaji lebih lanjut.

3. Konsultasi Penggunaan Paracetamol Agar Tak Membahayakan Kandungan

Jika ibu sedang mengandung dan terserang penyakit demam, biasanya si ibu langsung mencari pertolongan dengan mengonsumsi paracetamol. Dalam dosis tertentu, parasetamol tidak berbahaya bagi ibu dan kondisi janin, namun konsumsi dengan dosis yang berlebihan akan sangat berbahaya. Oleh karena itu, ada baiknya jika ibu sedang hamil dan mengalami kondisi yang tidak sehat, konsultasi ke dokter untuk mendapatkan solusi dan pengobatan yang aman untuk ibu dan janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *