Hasil Rapid Test Reaktif atau Non Reaktif

Menjangkitnya virus corona di Indonesia membuat pemerintah harus mengambil langkah cepat untuk mendeteksi wabah tersebut dengan melakukan rapid test secara massal. Covid test terdekat menggunakan rapid test sendiri saat ini bisa dilakukan secara mandiri dengan didampingi tenaga medis.

Setelah dilakukannya rapid, maka akan diketahui apakah hasilnya reaktif atau non-reaktif. Namun, masih banyak masyarakat yang belum teredukasi akan rapid test sendiri. 

Meski bertujuan untuk mengetahui apakah seseorang berpotensi terjangkit Covid-19, tetapi hasil dari rapid bukan untuk mengenal penyakitnya, melainkan mendeteksi keberadaan antibodi IgM dan IgG. Antibodi IgM dan IgG secara otomatis diproduksi oleh tubuh dan bertugas untuk melawan infeksi dari virus Covid-19 atau SARS-CoV-2.

  • Hasil Rapid Dikatakan Reaktif
Covid test terdekat

Seseorang yang tengah menjalani rapid test perlu diambil sampel darahnya. Alat tersebut digunakan untuk mendeteksi apakah ada antibodi IgM dan IgG dalam sampel darah yang diperiksa. Bila antibodi ini terdeteksi di dalam tubuh seseorang, artinya tubuh orang tersebut pernah terpapar atau dimasuki oleh virus corona. Di situlah, hasil rapid test akan dinyatakan, “reaktif.”

  • Tingkat Akurasi yang Rendah

Meski begitu, tingkat akurasi dari rapid test tak lebih dari 40 persen saja. Rapid hanya sebagai pemeriksaan screening dan bukan sebagai diagnosis Covid-19. Test yang dapat memastikan apakah seseorang positif terjangkit Corona yaitu dengan melakukan pemeriksaan PCR (Polymerase Chain Reaction). Biasanya, jika hasil rapid test reaktif maka akan dilanjutkan dengan melakukan swab test.

Prosedur rapid test dimulai dengan mengambil sampel darah dari ujung jari yang kemudian diteteskan ke alat rapid test, persis seperti mengambil sampel cek gula darah. Selanjutnya, akan diteteskan cairan untuk menandai antibodi di tempat yang sama. Hasilnya akan berupa garis seperti garis hasil alat test kehamilan (tes pack) yang muncul 10–15 menit sesudahnya.

  • Hasil Rapid Non-Reaktif

Namun bagaimana dengan hasil rapid yang non-reaktif? Karena bisa saja orang yang sudah terinfeksi virus corona dan memiliki virus ini di dalam tubuhnya mendapatkan hasil rapid non-reaktif karena tubuhnya belum membentuk antibodi terhadap virus corona. Maka itu, pemeriksaan rapid test perlu diulang 7-10 hari setelahnya.

Jika hasilnya reaktif, dapat dipastikan untuk melakukan swab test atau pengambilan sampel di tenggorokan atau hidung. Tetapi jika menunjukkan hasil non-reaktif namun pernah berinteraksi dengan orang yang terinfeksi, disarankan menerapkan prosedur isolasi mandiri selama 14 hari walau tidak mengalami gejala.

  • Periksakan Diri di RS Terdekat

Hasil dari rapid test tidak bisa dijadikan acuan bahwa seseorang positif terjangkit atau tidak. Maka itu, perlu dilakukan tes yang lebih akurat seperti PCR. Tak perlu menunggu rapid test massal, kamu juga bisa memeriksakan diri secara mandiri di RS atau klinik yang telah ditunjuk pemerintah. Berikut beberapa tempat untuk melakukan Covid test terdekat di beberapa wilayah Indonesia:

  • Bali: RS BIMC Nusa Dua: Jl. Nusa Dua, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
  • Makassar: Rapid Test Makassar By RSU Fajar Medika Nusantara: 25, Jl. Laccukang, Malimongan Baru, Kec. Bontoala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
  • Surakarta: RS Onkologi Solo: No.37, Jl. Siwalan, Kerten, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Surabaya: Rapid Test Basra 16-18 Surabaya by Mitra Keluarga: The Square Ballroom – 16-18, Jl. Basuki Rahmat, Kedungdoro, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur
  • Jakarta: Rapid Test Cilandak by Mitra Keluarga: CIBIS Park – No.2, Jalan TB Simatupang, Cilandak Tim., Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Klinik NK Health: Lantai 3 Tatalogam Tower, Jl. Arjuna Utara No.89, RT.9/RW.1, Duri Kepa, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11460
  • Pekanbaru: Rapid Test Drive Thru by RS Hermina Pekanbaru: RS Hermina Pekanbaru Jl. Tuanku Tambusai No.Rt03/02, Delima, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28292, Indonesia

Bagi kamu yang berencana untuk melakukan Covid test terdekat dengan alat rapid test secara mandiri tetapi masih bingung, bisa mencari informasi di Halodoc terkait harga dan dokter mana yang ingin kamu pilih. Dari hasil dari konsultasi nanti, bisa dijadikan rujukan untuk melakukan pemeriksaan Covid-19 lebih lanjut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *